Pelatihan Teknis Klimatologi Tahun 2019

Pelatihan Teknis Klimatologi bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan analisa iklim terapan dan kualitas udara secara benar. Kompetensi yang dibangun diharapkan ASN secara profesional mampu : 1. Mengenal berbagai produk informasi iklim terapan dan kebutuhan pengguna pada sektor kesehatan, energi, transportasi dan infrastruktur perkotaan; 2. Melakukan pengolahan data gas rumah kaca secara sederhana dan partikulat matter dengan menggunakan pemodelan R; 3. Menganalisis dan memahami kondisi radiasi matahri didaerah masing-masing; 4. Membuat produk informasi iklim dan kualitas udara yang siap untuk didesiminaikan; dan 5. Melakukan diseminasi informasi iklim dan kualitas udara.

Training Course on Hydrometeorology and DEWS

Training on Hydrometeorology and Drought EWS 2015 merupakan salah kegiatan Indonesia Regional Training Center (Ina-RTC) yang diadakan pada tanggal 23 - 25 November 2015 dan diikuti oleh sekitar 30 orang peserta dari dalam dan luar negeri. Fasilitator dalam pelatihan berasal dari Pusair-Kementerian PU, BMKG dan Deltares. Pelatihan diadakan secara blended learning, yaitu kombinasi dari kegiatan dalam kelas yang diselenggarakan di Kampus RTC Citeko dan kegiatan online di elearning.bmkg.go.id. Tujuan dari pelatihan terutama untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang fenomena hidrometeorologi dan Drought Early Warning System (DEWS), termasuk pengenalan terhadap aplikasi dalam DEWS.

AERONET Training - online

Diklat ini diselenggarakan secara online pada tanggal 10 - 13 Agustus 2015 dengan pembicara dari NASA

Diklat Klimatologi 2014

Diklat Klimatologi ini dilaksanakan dari tanggal 18-28 Agustus 2014, bertempat di Hotel Pesona Anggraini, Cisarua, Bogor, diikuti oleh 30 orang peserta. 

Diklat Teknis Pemodelan Perubahan Iklim Tahun 2014

Diklat ini diselenggarakan di Gedung Serbaguna BMKG Citeko dari tanggal 16 -  24 Juni 2014.