Berita Pusdiklat

TOEFL Preparation Course

 
 
Picture of Pusdiklat
TOEFL Preparation Course
by Pusdiklat - Tuesday, 25 November 2014, 12:21 PM
 

ToeflMulai tanggal 1 Desember 2014 sampai dengan 29 Desember 2014, Pusdiklat BMKG bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Bahasa LAN-RI, akan menyelenggarakan Diklat Online Persiapan TOEFL Tahun 2014. Diklat ini diselenggarakan dalam format full online dengan gabungan metode sinkronus (dengan menggunakan webinar) dan asinkronus (dengan menggunakan aplikasi Learning Management System/ LMS BMKG). Tujuan dari Diklat ini adalah untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan berbahasa inggris dan melatih langkah-langkah/strategi dalam menjawab soal tes TOEFL. Target peserta adalah pegawai BMKG di Kantor Pusat dan UPT yang memiliki rencana untuk melanjutkan studi di Luar Negeri.

Materi yang di ajarkan dalam Diklat Online Persiapan TOEFL terdiri dari Reading Comprehension (minggu ke-1), Structure and Written Expression (minggu ke-2 dan ke-3) serta Listening Comprehension (minggu ke-4). Setiap minggu, pada setiap hari Senin, akan diawali dengan sesi sinkronus dari Tutor yang berisi paparan materi  terkait. Pada akhir Diklat, peserta akan mengikuti TOEFL Prediction Test secara Online. Bertindak sebagai Tutor dalam Diklat ini adalah Widyaiswara dan Pejabat Struktural dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Bahasa LAN-RI.

Total jumlah peserta untuk diklat ini adalah 25 orang dengan sebaran 5 (lima) orang dari Kantor BMKG Pusat dan 20 Orang dari UPT BMKG Daerah. Peserta wajib mempersiapkan diri dengan koneksi internet yang memadai serta peralatan audio (headset dan microphone) untuk mengikuti sesi webinar. Peserta juga diharapkan dapat menyediakan waktu 1-2 jam setiap hari untuk mengikuti pembelajaran secara mandiri sehingga dapat terus mengikuti aktivitas pembelajaran. Pada akhir pembelajaran, peserta akan menerima sertifikat keikutsertaan dan hasil TOEFL Prediction Test.

Bagi peserta yang berminat, silahkan berkoordinasi dengan Kepala Balai Besar Wilayahnya melalui Kepala UPT masing-masing dan agar terus memantau informasi di elearning.bmkg.go.id.