Berita Pusdiklat

Bagaimana mengikuti Online Group Discussion

 
 
Picture of Pusdiklat
Bagaimana mengikuti Online Group Discussion
by Pusdiklat - Sunday, 18 May 2014, 8:34 AM
 

Online Group Discussion adalah sebuah diskusi online secara sycnhronous dan asynchronous dengan menggunakan koneksi internet untuk pegawai di lingkungan BMKG. Secara synchronous, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi WIZIQ, yang merupakan aplikasi webinar hosting. Untuk kegiatan asynchronous, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi Learning Management System BMKG, sebuah aplikasi berbasis Moodle versi 2.5.

Untuk kegiatan asynchronous, jadwal presentasi online akan dilaksanakan setiap bulan pada hari selasa minggu ke-tiga. Tema akan ditentukan oleh Tim OGD dan akan dipilih presenter yang mengajukan presentasi terkait tema tersebut. Satu sesi presentasi online akan berisi 2-3 judul presentasi dengan tema yang sama. Link untuk presentasi online ini akan dikirim melalui email ke PIC (Person  In Charge) setiap Unit Kerja yang diundang. Sampai saat ini, jumlah maksimal peserta yang dapat ikut dalam satu sesi presentasi online dengan menggunakan aplikasi WIZIQ adalah 50 orang, termasuk presenter. Oleh karena itu, diharapkan UPT dapat mengikuti acara ini secara bersama-sama sehingga tidak memberatkan beban bandwidth di UPT dan memungkinkan untuk lebih banyak UPT yang dapat mengikuti.

Setelah sesi presentasi online, maka diskusi tentang topik terkait dapat dilanjutkan pada aplikasi LMS. Pada aplikasi ini, peserta diharuskan untuk memiliki akun personal terlebih dahulu, kemudian baru bisa masuk ke kelas (course) yang sudah disediakan. Untuk dapat masuk ke kelas tersebut peserta diharuskan enroll (mendaftar) dengan metode self-enrollment, dimana keikutsertaan peserta dalam kelas tersebut dapat di daftarkan sendiri oleh peserta yang bersangkutan.

 LMS pic1

Gambar 1. Tampilan Aplikasi LMS BMKG

 

Bagi peserta yang belum memiliki akun dapat mendaftar melalui email pribadi ke :

pusdiklat@bmkg.go.id

dengan subjek email : pendaftaran akun LMS dan mencantumkan, nama dan unit kerja peserta dalam isi email tersebut.

 LMS pic 2

Gambar 2. Tampilan deskripsi kelas Online Group Discussion Tahun 2014

 LMS pic 3

 Gambar 3. Tampilan pada kelas OGD

Setelah memiliki akun, maka peserta dapat meng-enroll (mendaftar) pada kelas OGD yang ada dapat dilihat dihalaman Home atau ke tab Course -> Lain-Lain. Enrollment dilakukan dengan mengklik pada kelas tersebut dan kemudian di menu course administration di klik enroll me in this course. Dengan mengklik menu ini maka peserta secara otomatis akan terdaftar dalam kelas OGD 2014

 LMS pic4

Gambar 4. Self enrollment ke dalam kelas OGD 2014

Di dalam kelas OGD akan ada beberapa aktivitas, termasuk materi-materi yang disampaikan pada sesi presentasi online. Aktivitas lainnya adalah forum yang dapat digunakan untuk melanjutkan diskusi terkait tema OGD. Diskusi akan dibuat per–presenter, jadi peserta dapat langsung berinteraksi terkait materi yang dipilih. Pembicara dalam sesi presentasi online terkait materi tersebut juga akan menjadi anggota dalam forum tersebut. Peserta dapat memulai tema diskusi tertentu untuk ditujukan kepada peserta lain maupun kepada presenter pada sesi presentasi online. Secara otomatis, setiap peserta yang tersubmit dalam forum ini akan menerima email apabila ada update terbaru dari forum.

Salah satu aktivitas di kelas OGD pada LMS juga ada assignment (tugas), disini peserta dapat mengumpulkan resume terhadap materi yang dibahas pada sesi presentasi online dengan men-submit resumenya dalam format pdf.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai tata cara mengikuti Online Group Discussion dan bagaimana mendapatkan sertifikatnya, silahkan menulis pertanyaan melalui email ke pusdiklat@bmkg.go.id.

 

Terima kasih