Help with Search courses

Inhouse Training Ngurah Rai Tahun 2020

Inhouse Training (Pelatihan Mandiri) Stasiun Meteorologi Kelas I Ngurah Rai Bali berlangsung secara online/ daring dari 23 - 24 September 2020 dengan instruktur/ pengajar berasal dari Widyaiswara Pusdiklat BMKG dan pengajar teknis dari Pusat Meteorologi Maritim dan Pusat Jaringan dan Komunikasi. Platform yang digunakan adalah aplikasi zoom meeting (untuk sesi sinkronus) dan Learning Management System (LMS) BMKG untuk sesi asinkronus. Pelatihan ini bertujuan untu meningkatkan kompetensi pegawai UPT baik dalam penguasaan keterampilan pembuatan TAFOR,  pengelolaan jaringan komunikasi maupun aspek sosio kultural berkomunikasi dengan efektif.

Pelatihan Teknis Meteorologi Maritim Online Tahun 2020

Perkembangan teknologi observasi dan pemodelan oseanografi bergerak sangat cepat dan penuh inovasi. Prakirawan perlu memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi observasi dan pemodelan oseanografi khususnya system BMKG Ocean Forecast System (BMKG OFS) agar dapat menghasilkan layanan informasi cuaca maritim yang sesuai kebutuhan masyarakat. Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Observasi dan Pemodelan Oseanografi untuk Pembuata Produk Informasi Meteorologi Maritim Tahun 2020 diselenggarakan secara online pada 16 - 20 September 2020

Pelatihan Teknis Desain Komunikasi Visual Untuk Produk Informasi Cuaca Tahun 2020

Produk yang menarik, mudah dipahami dan inovatif mutlak menjadi syarat utama dalam penyebaran informasi melalui media sosial. Namun, prakirawan cuaca yang memiliki kemampuan dan keahlian terkait desain komunikasi visual jumlahnya terbatas. Oleh karena itu,  diperlukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para prakirawan cuaca dalam merancang berbagai produk cuaca ke dalam bentuk info grafis maupun videografis sebagai bentuk peningkatan layanan cuaca, dengan harapan informasi tersebut mudah dipahami oleh masyarakat luas. 

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Forecaster Meteorologi Tahun 2020

Pelatihan Peningkatan Kapasitas forecaster Meteorologi “Kemampuan Deteksi Fenomena Cuaca Signifikan” adalah kelanjutan dari diklat teknis meteorologi; yang secara khusus ditekankan dalam upaya meningkatkan kapasitas peserta dalam mengetahui cara yang paling efisien dalam mendeteksi fenomena cuaca signifikan. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 22 Maret 2020 bertempat di Gedung Serbaguna Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG, Citeko, Bogor.

Group Fellowship Training on NWP - WMO 2020

Realizing the importance of Numerical Weather Prediction (NWP) in the attainment of appropriate weather forecasting and climate monitoring activities, WMO is organizing a group fellowship training course on "Numerical Weather Prediction" at the Regional Training Centre of the Agency for Meteorology, Climatology and Geophysics of the Republic of Indonesia (BMKG) in 2021. The course is aimed at enhancing the capacity of participants from National Meteorological and Hydrological Services (NMHSs) with knowledge and practical skills in the field of NWP. The course will be conducted in English.


Training of Trainers Sekolah Lapang Nelayan Tahun 2020

Training of Trainer Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (ToT SLCN) diadakan pada tanggal 5 sd 7 Maret 2020 di Hotel Grand Orchard Kemayoran. Peserta terdiri dari Kepala UPT dan staf Stasiun Maritim dan stasiun yang mendapat penugasan layanan maritim di seluruh Indonesia.

Pelatihan Teknis Impact Based Forecast Tahun 2020

Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait dasar-dasar IBF serta detail dari istilah-istilah dalam IBF yang dituangkan dalam indeks kerentanan dan risiko; bagaimana cara menganalisis cuaca berdasarkan beberapa hasil model, dasar dan teknik prakiraan cuaca probabilistik dan ensemble, serta ketidakpastian dalam prakiraan; cara membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjalankan IBF, sistem pengambilan keputusan dampak cuaca ekstrem, serta Global Multi-Hazard Alert System (GMHAS); dan teknik penyusunan matriks dampak dan risiko.

Diklat Teknis Online Meteorologi Penerbangan 2019

Pelatihan online ini merupakan tindak lanjut dari audit USOAP oleh ICAO. Hasil audit USOAP terhadap Indonesia (dalam hal ini BMKG) sebagai salah satu negara anggota ICAO adalah belum ditemukannya pengawasan terhadap Critical Element (CE) of State's Safety Oversight System ke 4 terkait Qualified Technical Personnel. Tujuan diklat ini adalah pengembangan kompetensi AMF di Indonesia (BMKG dan TNI AU).