Help with Search courses

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Forecaster Meteorologi Tahun 2020

Pelatihan Peningkatan Kapasitas forecaster Meteorologi “Kemampuan Deteksi Fenomena Cuaca Signifikan” adalah kelanjutan dari diklat teknis meteorologi; yang secara khusus ditekankan dalam upaya meningkatkan kapasitas peserta dalam mengetahui cara yang paling efisien dalam mendeteksi fenomena cuaca signifikan. Pelatihan ini dilaksanakan dari tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 22 Maret 2020 bertempat di Gedung Serbaguna Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG, Citeko, Bogor.

Training of Trainers Sekolah Lapang Nelayan Tahun 2020

Training of Trainer Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (ToT SLCN) diadakan pada tanggal 5 sd 7 Maret 2020 di Hotel Grand Orchard Kemayoran. Peserta terdiri dari Kepala UPT dan staf Stasiun Maritim dan stasiun yang mendapat penugasan layanan maritim di seluruh Indonesia.

Pelatihan Teknis Impact Based Forecast Tahun 2020

Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait dasar-dasar IBF serta detail dari istilah-istilah dalam IBF yang dituangkan dalam indeks kerentanan dan risiko; bagaimana cara menganalisis cuaca berdasarkan beberapa hasil model, dasar dan teknik prakiraan cuaca probabilistik dan ensemble, serta ketidakpastian dalam prakiraan; cara membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjalankan IBF, sistem pengambilan keputusan dampak cuaca ekstrem, serta Global Multi-Hazard Alert System (GMHAS); dan teknik penyusunan matriks dampak dan risiko.

Diklat Teknis Online Meteorologi Penerbangan 2019

Pelatihan online ini merupakan tindak lanjut dari audit USOAP oleh ICAO. Hasil audit USOAP terhadap Indonesia (dalam hal ini BMKG) sebagai salah satu negara anggota ICAO adalah belum ditemukannya pengawasan terhadap Critical Element (CE) of State's Safety Oversight System ke 4 terkait Qualified Technical Personnel. Tujuan diklat ini adalah pengembangan kompetensi AMF di Indonesia (BMKG dan TNI AU). 

Local Training: ICT on NWP KOICA

This is a local training conducted by BMKG Education and Training Centre in collaboration with Korea Meteorological Administration with KOICA. The course titled "Information and Communication Technologies for Meteorological Services." The goal is to improve capacities for the meteorological services utilizing information and communication technologies.  

Pelatihan Meteorologi Maritim Tahun 2019

Pelatihan Teknis Meteorologi Maritim Tahun 2019 dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 26 - 30 Maret 2019 di Gedung Serbaguna Pusdiklat BMKG, Citeko, Bogor.

Pelatihan Teknis Meteorologi - Prakiraan Berbasis Dampak Tahun 2019

Pelatihan Teknis Meteorologi - Prakiraan Berbasis Dampak (Impact Base Forecast) Tahun 2019 dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 19 - 23 Februari 2019 di Gedung Serbaguna Pusdiklat BMKG, Citeko, Bogor.

Diklat Teknis Asesor Uji Kompetensi AMP Tahun 2018

Pendidikan dan Pelatihan Teknis Asesor Uji Kompetensi AMP (Aeronautical Meteorological Personnel) di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tahun 2018 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di lingkungan BMKG dalam melaksanakan tugas sebagai asesor meteorologi yang profesional dan handal. 
Diklat ini dilaksanakan mulai tanggal 3 Desember sampai dengan 7 Desember 2018