Pelatihan Teknis Online Peta Evakuasi Tsunami Tahun 2019

Kelas Pelatihan Teknis Online Peta Evakuasi Tsunami (PET) Tahun 2019 berlangsung pada 28 Oktober sd 5 Desember 2019, diikuti oleh 72 orang pegawai 31 UPT Geofisika Daeah dan 5 Balai Besar Wilayah MKG di seluruh Indonesia. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam pembuatan Peta Evakuasi Tsunami berbasis sains. Pembelajaran berbasis proyek ini nantinya akan menghasilkan Peta Evakuasi Tsunami sebagai rekomendasi bagi BPBD setempat, sehingga dapat digunakan sebagai pertimbagan Pemerintahan Daerah dalam menyelenggarakan Program  Mitigasi di wilayahnya. Solusi pembelajaran yang sepenuhnya online dimaksudkan untuk memperluas kesempatan belajar bagi pegawai BMKG yang menjadi target peserta, tanpa terkendala jarak dan waktu. Beragam metode pembelajaran aktif digunakan diantaranya belajar mandiri (membaca, menonton video dll), diskusi kelompok, penugasan, kuis, ice breaking, dan diampu oleh para narasumber yang merupakan pakar dan praktisi di bidangnya, serta dalam bimbingan. Selamat mengikuti Pelatihan!

Pelatihan Teknis Geofisika (PSHA) 2019

Pelatihan Teknis Geofisika (PSHA) bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja bagi aparatur pegawai di tingkat Pusat maupun Daerah yang menangani penyediaan informasi MKG, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan serta handal dalam menangani masalah penyediaan peta PSHA.

Pelatihan Teknis Geofisika 2018

Pelatihan ini mebahas tentang Seiscomp3 dan penerapannya untuk melakukan analisis gempa bumi. 

Diklat Jarak Jauh Probabilistic Seismic Hazard Anaylisis

Diklat PSHA bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja bagi aparatur pegawai di tingkat Pusat maupun Daerah yang menangani penyediaan informasi MKG, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan serta handal dalam menangani masalah penyediaan peta PSHA.

DIKLAT TEKNIS GEOFISIKA 2017

Diklat Teknis Geofisika Lightning Detector 2017 dilaksanakan dari tanggal 16 April 2017 sampai dengan 22 April 2017 di Gedung Serba Guna Pusdiklat BMKG Citeko Bogor. 

Diklat Teknis Gempa Bumi dan Tsunami Tingkat Lanjut Tahun 2016

Diklat Teknis Gempabumi dan Tsunami Tingkat Lanjut ini dilaksanakan dari tanggal 13-25 Maret 2016 bertempat di Gedung Serbaguna BMKG CIteko, Bogor. 

DIKLAT GEOPOTENSIAL TINGKAT LANJUT

Diklat Teknis Geopotensial Tingkat Lanjut diselenggarakan pada tanggal 07 - 19 September 2015 di Gd. Serbaguna BMKG, Citeko Bogor.

Diklat Teknis Seismologi Teknik Tahun 2014

Pada diklat ini level pembelajaran (taxonomy’s bloom) yang digunakan adalah : APLIKASI. Level aplikasi yaitu menggunakan pengetahuan untuk mengambil keputusan/penilaian skala kecil; mengikuti prosedure yang ada.

Tujuan diklat : peserta mampu menerapkan pengambilan, pengolahan dan interpretasi data seismologi teknik guna menghasilkan informasi seismologi teknik.

Diklat Teknis Geofisika

Diklat ini dilaksanakan di Hotel Cipayung Asri, Jl. Raya Puncak Cipayung Bogor, dari tanggal 04 - 16 Mei 2014 diikuti oleh 30 orang peserta. 

Geofisika Potensial Tahun 2014

Diklat Teknis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Tahun 2014 merupakan diklat berbentuk blended learning. Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 16- 28 Januari 2014 di Wisma Kinasih, Cimanggis, Depok.

Tujuan diklat adalah peserta diharapkan mampu melaksanakan pengamatan geofisika potensial dan tanda waktu sesuai dengan standar kompetensi pengamat sehingga mampu menghasilkan data yang benar dan berkualitas.